Kamis, 12 Juli 2012

Hasil Penghitungan Pemilukada DKI Dilakukan Dengan system Quick count

Perhitungan cepat  (Quick count )yang digunakan dalam penghitungan hasil pemilukada DKI kaliini banyak di lakukan oleh Lembaga-lembaga survei yang peduli dengan politik bersih,jujur dan adil. Salah satunya adalah seperti yang dilakukan oleh Peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanudin Muhtadi, beliau menjelaskan secara umum bahwa hampir 95 persen persiapan yang disiapkan oleh pihaknya untuk mengadakan penghitungan cepat atau quick count dan exit pool dalam program kerjasama antara LSI, SCTV dan Indosiar.

"Sudah sekitar 3 minggu kami sudah mempersiapkan berbagai hal terkait itu semua. Dan insya Allah besok dipastikan tidak ada masalah," kata Burhanuddin saat ditemui
liputan6.com di kantornya di Jalan Lembang Terusan, Menteng, Jakarta Selatan, Selasa (10/7).

Burhanuddin menjelaskan, sebetulnya ada dua pekerjaan dalam program kerjasama antara LSI, SCTV dengan Indosiar. Yang pertama itu hitung cepat. Quick count ini melibatkan 410 relawan yang akan berjaga-jaga di 410 TPS yang sudah dipilih secara random.


Sedangkan yang kedua exit pool atau survei pada saat responden yang keluar dari bilik suara setelah mereka menggunakan hak pilih. "Nah itu dari masing-masing TPS dari 410 hanya dua orang responden yang kita wawancarai jadi total ada 820 responden. Jadi ada dua pekerjaan, Exit pool ini gunanya menjelaskan basis dukungan yang diperoleh oleh masing-masing calon," tutur Burhanuddin.


"Dua pekerjaan ini sudah kita persiapkan sejak 3 minggu yang lalu mulai dari proses rekruitment, persiapan IT, data system termasuk melakukan work shop bagi calon-calon relawan, Workshop untuk spot checker termasuk akhir-akhir ini kita melakukan gladi kotor dan gladi bersih," urainya.


Oleh sebab itu, Burhanuddin menjelaskan pihaknya memastikan untuk proses penghitungan cepat besok akan berjalan secara baik dengan margin eror sekitar 1 persen dan akan dilakukan pada pukul 14.00 WIB. "Jadi secara umum tidak ada masalah berarti," tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar