Selasa, 15 Mei 2012

Asam Urat – Penyebab Rasa Sakit Pada Sendi



Saat ini banyak orang yang mengidap rasa sakit pada bagian persendian. Tidak hanya terjadi pada orang usia tua, akan tetapi terjadi juga pada orang dengan usia muda. Lalu sebenarnya penyakit apa yang diderita oleh kebanyakan mereka itu ?

Dalam tubuh kita terdapat zat purin yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh mahluk hidup, juga pada berbagai  jenis sayuran dan buah-buahan. Bila kita memakannya maka zat itu akan berpindah kedalam tubuh kita. Zat purin juga dapat dihasilkan akibat dari perusakan sel-sel dalam tubuh yang terjadi baik secara normal ataupun tidak normal akibat  penyakit tertentu.

Penyakit asam urat ini diakibatkan dari konsumsi zat purin yang berlebihan, dan diolah oleh tubuh menjadi zat asam. Karena di konsumsi secara berlebihan akibatnya sisa metabolism zat asam ini tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal. Akibatnya akan menumpuk  dan mengkristal di persendian. Jika ini terjadi maka persendian akan terasa ngilu dan sakit, disertai pembengkakan dan meradang.
Penyakit ini di golongkan menjadi dua ,

- Pertama sebagai penyakit Gout primer : secara pastinya 99 % penyebabnya belum dapat di pastikan. Tetapi penyakit ini diduga berkaitan dengan  factor genetic dan factor Hormonal, dua factor inilah yang menjadi penyebab gangguan metabolism tubuh dan menyebabkan  meningkatnya produksi asam urat .

 -Kedua di golongkan sebagai penyakir Gout sekunder : ini disebabkan karena meningkatnhya produksi asam urat karena mengkonsumsi makanan yang berkadar purin tinggi. Dimana purin merupakan senyawa basa organic yang menyusun asam nukleat(asam inti sel) dan termasuk dalam kelompok asam amino sebagai  unsure pembentuk  protein.

Produksi asam urat dapat meningkat  bisa juga disebabkan karena penyakit sumsum tulang dan polisitemia , juga Obat2an seperti  alcohol, obat kanker , vitamin B -12, obesitas (kelebihan berat badan), penyakit kulit, dan kadar trigliserida yang tinggi.
Pada sebahagian penderita diabetes yang tidak terkontrol baik, biasanya terdapat hasil buangan metabolism lemak yang tinggi, dimana hal ini akan menjadi penyebab timbulnya asam urat.<>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar