Rabu, 16 Mei 2012

Keterkaitan Olah Raga Dengan Perkembangan otak


Ternyata Olah raga sangat bermanfaat bagi perkembangan otak, apalagi jika dilakukan dengan rutin juga secara baik dan benar. Kesimpulan ini merupakan hasil penelitian dan pengujian yang di lakukan oleh Henriette Van Praag dari National Institue on Aging -  Amerika Serikat.

Dalam pengujian ini  Henriette melakukan pengamatan pada sejumlah tikus percobaan yang telah disuntikan dua jenis suplemen yakni, Aicar dan GW 1516 di Laboratorium Neurosience milik Universitas. Obat yang disuntikan ini akan membantu perkembangan otot tikus. Dan dalam kurun waktu satu minggu setelah pemberian suplemen tersebut, ternyata tikus-tikus percobaan tadi jadi meningkat kemampuan memori dan kemampuan belajarnya.

Henriette mengungkap hasil temuan itu dalam jurnalnya, Learning and Memory. Disitu dia menuliskan, ternyata perkembangan otot dapat berpengaruh juga pada perkembangan neuron di pusat otak, yang akan mendukung kemampuan memory dan meningkatkan kemampuan tikus untuk belajar.

Ketika di tanyakan tentang hubungan penelitiannya dengan pengaruh aktifitas olahraga rutin yang dilakukan seseorang, Henriette menjawab “  Tentu saja otot akan terpengaruh oleh olahraga yang dilakukan, karena sel-sel pada otot akan merespon olahraga dengan memompa berbagai macam substansi yang akan membuatnya makin besar dan kuat. Ini dapat terjadi karena senyawa suplemen yang diberikan akan masuk ke otak dan kemudian akan mengembangkan kemampuannya “ katanya menjelaskan. <>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar