Senin, 14 Mei 2012

Ternyata Penemu Benua Amerika Bukanlah Columbus


Bukti sejarah yang panjang mengungkapkan bahwa daratan Amerika telah ditemukan oleh seorang penjelajah yang bernama Christoper Columbus pada tahun 1498. Akan tetapi penjelajahan columbus ke benua Amerika yang sebenarnya adalah saat dia mendarat di kepulauan Karibia pada tahun 1492.

Rupanya sejarah itu akan berubah, Seperti yang di beritakan oleh Discovery News  bahwa belum lama ini telah ditemukan data baru dari masa pemerintahan raja Henry VII. Didalamnya berisikan data dari sebuah institusi bank yang merupakan arsip pribadi milik Florence.

Isinya menyebutkan bahwa seorang pedagang asal Vanesia- Italia, Giovani (john) Chabot telah menerima dana sebesar 50 noble sterling yang diperuntukan sebagai biaya perjalanannya dari Bristol - Inggris menuju Amerika utara pada tahun1496 hingga tahun 1498 dalam ekspedisinya  menemukan “Dunia baru”. Menurut catatan Discovery News, dari perjalan itu akhirnya John Chabot pada tahun 1497 berhasil mendarat di Newfoundland, yang merupakan daratan Benua Amerika. Berarti satu tahun sebelum Christoper Columbus mendarat di benua ini.

Mengenai temuan ini sejarawan Fransesco Guidi Bruscoli mengungkapkan, bahwa ada frase yang terlewatkan dari pemberitaan selama ini. Sejarawan dari Unversitas Florence ini menuliskan dalam Historical Research nya, bahwa apa yang telah di temukan oleh Christoper Columbus dan Chabot yakni Benua Amerika ,bukanlah  “sebuah dunia baru”.
Tetapi perjalanan mereka itu merupakan penjelajahan yang merupakan bagian dari jaringan ekspedisi yang telah dilakukan oleh para penjelajah dari bangsa lain sebelumnya yang juga di biayai oleh semacam “perusahaan besar”.
Lebih lanjutnya lagi Bruscoli  menjelaskan bahwa sebelum mereka menemukan “dunia baru” bangsa eropa sebenarnya telah lebih dulu melakukan penjelajahan.

Sejarawan lainya justru nenganggap bahwa penemuan baru ini merupakan sesuatu yang mengagumkan. Seorang sejarawan sekaligus peneliti dari  Bristol, Dr Evans Jones mengatakan pada Daily Mail, “Seperti yang kita telah ketahui, bahwa para pedagang dan Bankir dari Italia adalah sosok di balik suksesnya ekspedisi yang telah dilakukan bangsa Portugal dan Spanyol, sehingga terkesan para penjelajah Inggris dipinggirkan. Sebenarnya hal itu tidaklah benar. Bahkan mereka merupakan bagian dari jaringan besar yang ikut didanai oleh para pedagang Italia untuk menjelajah dunia “ ujarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar