Selasa, 15 Mei 2012

Osteoporosis- Cegah Dengan Olahraga


Ternyata kegemaran berolah raga sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari Perapuhan tulang (Osteoporosis). Para peneliti dari Universitas Gothenburg-Swedia telah melakukan sebuah penelitian terhadap 833 pria partisipan yang berusia sekitar 18 – 20 tahun, dan mempunyai aktivitas yang tinggi dalam berolah raga.


Setelah mengamati aktivitas olah raga mereka selama 5 tahun, kemudian tulang para partisipan diperiksa di Laboratorium. Dan dari hasil pengamatan serta penelitian yang dilakukan, mereka menyimpulkan bahwa partisipan yang melakukan olah raga lebih dari empat jam selama seminggu mempunyai massa tulang pinggul 1,3% lebih besar. Sedang yang melakukan aktivitas olah raga kurang dari empat jam selama seminggu mengalami penurunan massa tulang hingga  2,1 %.


Sebab, menurut mereka tulang pinggul biasanya menjadi bagian yang sering mengalami  penyakit Osteoporosis saat memasuki usia senja. Meski demikian, Osteoporosis dapat terlihat sejak dini, yakni saat usia memasuki 25 tahun.

Hal ini seperti dikatakan oleh salah seorang peneliti, lorentzonOsteoporosis akan mulai terasa ketika memasuki usia 25 tahun, dan dengan banyak melakukan aktivitas olah raga berarti tulang akan lebih banyak mengalami perkembangan” katanya.<>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar