Minggu, 13 Mei 2012

Gejala Asam Urat


Terkadang rasa ngilu dan sakit sering mendera kita, terutama pada bagian lutut dan persendian lainnya. Sebenarnya sakit ini akibat terjadinya peradangan yang diakibatkan karena meningkatnya kadar asam urat dalam darah, biasanya  disebut Artritis gout atau arthritis pirai. Pada kasus  yang akut arttritis gout di sebabkan karena terbentuknya Kristal urat yang diakibatkan oleh adanya reaksi radang pada jaringan tubuh. Sedang pada kasus yang khusus diagnosis bisa langsung di tetapkan.

Pada penderita penyakit asam urat biasanya timbul gejala-gejala  yang khas seperti yang terdapat pada penyakit gout, seperti tingginya kadar asam urat dalam darah dan ditemukan Kristal asam urat pada cairan sendi atau tofus.

Gejala yang dirasakan biasanya akan terjadi  dan terus berlangsung selama beberapa hari, kemudian  akan hilang  dan akan kembali terjadi lagi berulang. Gejala  asam urat yang secara umum terjadi biasanya di tandai oleh hal berikut :
-Nyeri otot, persendian lutut, pinggang, punggung, pinggul, pundak dan bahu Sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi.
-Badan pegal-pegal dan sering merasa kecapaian.
-Rasa Kesemutan dan linu yang sangat parah.
-Sering buang air kecil terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur.
-Timbul rasa Kesemutan berlebih.
Semua gejala ini terjadi  karena kristalisasi asam urat yang terbentuk dalam sendi-sendi perifer. Pengkristalan inipun terjadi dikarenakan wilayah persendian itu lebih dingin dari pusat tubuh kita. Bila gejala ini menyerang daerah ginjal maka akan menjadi penyebab terjadinya penyakit kencing batu.
Untuk menghindari penyakit asam urat ini, harus di hindari makanan yang mengandung purin tinggi,seperti : 
- Jeroan:  Hati, Ginjal, Usus, Otak, Babat, Limpa.
- Makanan laut, seperti Kerang, cumi, kepiting dan udang.
- Makanan dalam kemasan, seperti : Sarden dan Kornet.
- Daging, telur, kaldu, atau kuah daging.
- Juga minuman yang mengandung alkohol. <>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar