Sabtu, 26 Mei 2012

Dampak Negatif Penggunaan Ponsel

Kemajuan tekhnologi seperti pada Hanphone ternyata tidak saja berdampak positif bagi penggunanya, bisa saja akan berdampak negative bagi kesehatan. Beberapa dampak positif Handphone selain mudah untuk berkomunikasi dan mempersingkat waktu juga dapat mempermudah perluasan  persahabatan. 

Salah satu dampak negative Handphone bagi kesehatan, bila digunakan dalam jangka waktu cukup lama seperti di beritakan oleh jurnal ilmiah Elsevier, dari penelitian yang dilakukan oleh Zhao dan rekan-rekanya, yakni dapat merusak sel saraf. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh mereka pada tahun 2007 lalu, ternyata radiasi yang ditimbulkan oleh Telpon Seluler berdampak buruk bagi sel-sel dan jaringan  otak. Bahkan dengan gelombang Radiofrekuensi dan Microwave yang ditimbulkannya dapat menembus tulang tengkorak. Ini di sebabkan karena sel-sel saraf ternyata lebih sensitive terhadap radiasi dibandingkan dengan sel astrosit.

Penelitian itu dilakukan mereka dengan menggunakan jaringan GSM 1900 MHz pada kultur sel saraf yang di aktifkan ( dengan mode “stand by” dan “on” ) selama dua jam pada jarak sekitar 35 mm. Setelah diteliti, terungkap bahwa efek radiasi yang ditimbulkannya dapat membuat ekspresi gen-gen seperti Caspase 2, Caspase 6 dan Asc ( molekul yang menstimulasi kematian pada sel ) meningkat dan merangsang apotosis ( kematian) pada  sel-sel saraf.  <>


Tidak ada komentar:

Posting Komentar