Senin, 14 Mei 2012

Sakit Kepala dan Penyebabnya


Sakit kepala bisa menyerang siapa saja, dan hal ini pastinya sangat mengganggu aktivitas kita. Untuk mengobatinya kita biasanya membeli obat-obatan secara sembarang, tanpa terlebih dulu mencari apa yang menjadi penyebabnya. Akibatnya efek buruk pun dapat terjadi, apalagi obat yang biasanya beredar dipasaran terbuat dari bahan-bahan kimia.

Untuk itu ada baiknya sebelum memutuskan penggunaan  obat sakit kepala terlebih dulu mencaritahu penyebabnya, jika perlu berobatlah kedokter bila sakit yang dirasa terjadi berulang kali. Mulailah mencoba untuk menggunakan obat-obatan tradisional, karena relatif lebih aman, tanpa efek samping dan tidak menimbulkan efek kecanduan.

Berikut ini beberapa factor penyebab yang mungkin menjadi pemicu sakit kepala anda :

1.    Pengaruh cuaca. Dari hasil penelitian yang melibatkan banyak responden, telah di dapati 75% dari mereka merasakan sakit kepala ketika suhu udara panas.

2.    Aksesoris pada rambut. Sakit kepala bisa saja terjadi saat anda mengikat rambut terlalu kencang atau memggunakan penutup kepala yang terlalu ketat, biasanya yang terbuat dari karet. Karena dapat menghambat sirkulasi darah yang menuju ke otak.

3.    Pekerjaan. Tugas kantor yang bertumpuk tentunya membuat anda tertekan, akibatnya timbul ketegangan pada urat leher bagian belakang. Sebab ini biasanya memicu terjadinya sakit kepalFungsional atau bias di sebut Tension Headache. Bila ini terjadi cukup anda istirahat sebentar sambil memijit bagian belakang leher anda, untuk mengurangi ketegangan yang terjadi.

4.    Aroma menyengat. Aroma yang terlalu kuat atau menyengat seperti bau farpum, cat, bunga menurut sebagian orang sangat menggangu bahkan membuat mereka sakit kepala. Menurut para ahli wangi atau bau yang menyengat akan merangsang system syaraf .

5.    Olah raga. Jika anda hobi berolah raga tentu sangat baik bagi kesehatan, tapi bila terlalu berlebihan darah yang mengalir keotak akan berlebihan, sehingga  pembuluh darah di leher dan kepala mangalami tekanan.

6.    Menunda waktu makan. Ini biasa terjadi pada orang yang sibuk bekerja, karena merasa enggan untuk meninggalkan tugasnya. Sehingga perut yang kosong akan memicu peningkatan asam lambung dan menimbulkan sakit kepala.

7.    Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol. Karena kandungan nikotin pada roko dan kandungan tyramine  pada alkohohol dapat membuat aliraran darah ke otak meningkat. <>



Tidak ada komentar:

Posting Komentar